3D Viewing & Projection

Dasar Konsep 3D
  • Untuk mendapatkan tampilan 3D yang dimodelkan dalam koordinat dunia, pertama harus menentukan koordinat referensi untuk “kamera”.
  • Koordinat referensi ini mendefinisikan posisi dan orientasi utk bidang datar kamera, yang digunakan untuk menampilkan objek.
  • Deskripsi objek dikirim ke koordinat referensi kamera dan diproyeksikan ke display plane (bidang datar untuk tampilan).
  • Titik-titik di dunia nyata dipetakan ke dalam ruang 2 dimensi
  • Cahaya menyebabkan suatu objek dapat terlihat
  • Warna objek ditentukan dari properti objek tersebut

Contoh hasil dari implementasi program 3D viewing menggunakan basic4gl

a. tampak depan


b. tampak samping kanan dari kamera


 c. tampak samping kiri dari kamera


d. tampak bawah


e. tampak atas

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi Algoritma Garis dan Lingkaran Dengan Bahasa Pemrograman